7 PERUSAHAAN MENDAPAT RAPORT BIRU

Administrator | Rabu, 09 Januari 2019 - 12:23:53 WIB | dibaca: 466 pembaca


Dalam rangka pelaksanaan Program Penilaian Peringkat Kinerja Perusahaan dalam Pengelolaan Lingkungan hidup Daerah (PROPERDA) Propinsi Jawa Barat Periode Tahun 2017 - 2018, Pemerintah Kabupaten Sumedang melalui Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Kabupaten Sumedang mengikutsertakan 18 (delapan belas) perusahaan untuk mengikuti Program Penilaian Peringkat Kinerja Perusahaan dalam Pengelolaan Lingkungan hidup Daerah (PROPERDA) Propinsi Jawa Barat Periode Tahun 2017 - 2018.

Perusahaan - perusahan tersebut bergerak dibidang Farmasi, Percetakan, Industri Karet dan PVC, Suku Cadang dan Aksesoris, Loundry, Tekstil, Minyak, Rusunami, Golf dan Resort, Makanan Ringan, Kulit Sintetis, Pusat Perbelanjaan, Garment dan Lem Putih, terutama yang membuang Limbah ke saluran Sungai Citarum.

Dalam Malam Anugerah PROPER dan PROPERDA wilayah Jawa Barat periode 2017 - 2018 yang diselenggarakan pada Jum'at (28/12/2018) di Hotel El Royal Bandung, dari 18 (delapan belas) perusahaan yang beroperasi diwilayah Kabupaten Sumedang sebagai peserta Properda, sebanyak 7 (tujuh) Perusahaan mendapat Raport Biru dan 11 (sebelas) perusahaan mendapat Raport Merah.

Kepala Bidang Penataan dan Penaatan Hukum Lingkungan Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Kabupaten Sumedang, Ir. H. Budi Irawan, M.Si., didampingi Kepala Seksi Pembinaan dan Pengawasan Ferry Satria Setiawan, menjelaskan kriteria penilaian properda tersebut meliputi : Ketaatan penanggung jawab perusahaan terhadap ketentuan izin/dokumen lingkungan, pengelolaan dan pengendalian pencemaran air, pengelolaan dan pengendalian pencemaran udara, pengelolaan dan pengendalian bahan berbahaya dan beracun (B3), serta limbah bahan berbahaya dan beracun (LB3).

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan HIdup dan kehutanan Kabupaten Sumedang, Ir. H. Amim, MM, menginstruksikan untuk dilakukan evaluasi menyeluruh dan mengoptimalkan pembinaan dan pengawasan kepada seluruh perusahaan yang beroperasi diwilayah Kabupaten Sumedang. “Evaluasi menyeluruh, optimalkan pembinaan dan pengawasan”. Ujar H. Amim singkat.

Menanggapi hal tersebut, Budi Irawan akan menindaklanjuti instruksi tersebut dengan melakukan evaluasi menyeluruh terhadap penanggungjawab usaha dan/atau kegiatan yang beroperasi diwilayah kabupaten sumedang, serta melakukan pembinaan yang lebih intensif terhadap usaha dan atau kegiatan yamg memperoleh raport Merah, dan tetap melakukan pemantauan terhadap usaha dan kegiatan yang memperoleh raport Biru untuk tetap mempertahankan kinerja pengelolaan lingkungan hidup diperusahaanya masing - masing.