Daerah

SAKIP DLHK

Pembinaan Akselerasi Kinerja Perangkat Daerah Lingkup DLHK Kabupaten Sumedang

Administrator | Kamis, 10 Desember 2020 - 09:11:03 WIB | dibaca: 107 pembaca

pembinaan SAKIP


Kegiatan pembinaan akselerasi kinerja perangkat daerah lingkup DLHK yang dilaksanakan secara simultan: virtual dan tatap muka pada hari Selasa tanggal 8 Desember 2020. Kegiatan tersebut dibuka oleh Kepala DLHK, Ir. Yosep Suhayat dengan narasumber Sekretaris Daerah Kabupaten Sumedang, Drs. Herman Suryatman, M.Si. Pelaksanaan secara tatap muka dilaksanakan di Aula Rapat DLHK Sumedang dan dihadiri oleh seluruh pejabat struktural eselon 3 dan 4, sedangkan pegawai lainnya mengikuti kegiatan secara online via aplikasi Teamlink.

Dalam paparan pengantarnya, Yosep Suhayat mengemukakan bahwa capaian SAKIP DLHK tahun 2019 secara overall mengalami kenaikan dari tahun 2018, dari semula 68,64 dengan predikat B (Baik) menjadi 77,06 dengan predikat BB (sangat baik). Adapun skoring DLHK tahun 2019 berdasarkan penilaian mandiri (self assessement) untuk Reformasi Birokrasi dan Zona Integritas masing-masing adalah 8,92 dan 32,16.

 

Selanjutnya, Herman Suryatman memaparkan mengenai 8 pilar REFORMASI BIROKRASI, yaitu: 1) manajemen perubahan, 2) kelembagaan, 3) tata laksana, 4) sumber daya manusia aparatur sipil negara, 5) akuntabilitas, 6) peraturan perundang-undangan, 7) pengawasan, dan 8) pelayanan publik. Dari 8 pilar tersebut yang menjadi domain dan kewenangan Kepala DLHK beserta jajarannya hanya 6 pilar, dikecualikan adalah kelembagaan (Struktur Organisasi dan Tata Kerja/SOTK) dan peraturan perundangan (Peraturan Daerah/Perda atau Peraturan Kepala Daerah/Perkada) yang merupakan ranah dan kewenangan langsung Bupati yang tidak didelegasikan. Pelaksanaan 6 pilar Reformasi Birokrasi di lingkup Perangkat Daerah pada umumnya dan DLHK pada khususnya disebut sebagai Zona Integritas. Selain itu, Herman mengutarakan bahwa Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) hanya merupakan satu bagian dari 8 tema besar Reformasi Birokrasi.

 

Kegiatan diakhiri dengan penandatanganan berita acara pencanangan Zona Integritas lingkup DLHK Sumedang secara simbolis antara Herman Suryatman dan Yosep Suhayat. [eddyeffen]

 











Komentar Via Website : 0


*info Penting : Untuk sementara komentar dinonaktifkan...

Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)