Daerah

Sediakan galon dan gelas kaca/keramik

DLHK Tak Gunakan Air Minum Kemasan

Administrator | Kamis, 20 Juni 2019 - 10:15:28 WIB | dibaca: 207 pembaca

Dinas Lingkungan Hidup dan kabupaten (DLHK) Sumedang sudah tak lagi menggunakan Air Minum Dalam kemasan (AMDK) dalam setiap rapat dan kegiatan kantor lainnya. Dinas yang membidangi urusan lingkungan hidup dan kehutanan ini memilih menggunakan gelas kaca lalu menyediakan air galon. Peserta rapat dapat mengisi kembali gelas tersebut jika masih mau. Jika tidak, berarti tak usah diisi lagi.

Sekretaris DLHK H.Sutisna, M.Kes mengatakan selain mengurangi konsumsi plastik dalam setiap kegiatan sehar-hari, sikap ini juga bisa menghemat air. AMDK yang disajikan dalam rapat, baik berbentuk botol ataupun gelas, biasanya banyak yang bersisa. Maka dari seluruh peserta rapat ada berapa liter air yang terbung.

“Tak lagi menggunakan AMDK adalah sikap menghemat air juga mengurangi sampah dan kemasan plastik, tak ada salahnya, mari kita coba juga di tempat lain,” kata H.Sutisna.

H. Sutisna menambahkan penyediaan air minum dengan cara seperti ini juga melatih seseorang untuk mengonsumsi sesuatu sesuai dengan kadarnya.

“Jadi ketika kita mengisi air minum lagi berarti kita butuh dan jika tak butuh jangan ambil,” ujarnya.

Di sisi lain, ada juga peserta rapat atau orang kebanyakan lainnya juga ada yang terbiasa membawa botol minum atau tumbler. Dengan disediakannya air gallon, maka botol minum tersebut bisa diisi ulang dengan penuh. Hemat air, hemat plastic, botol minum terisi penuh.***(vrs)










Komentar Via Website : 0


*info Penting : Untuk sementara komentar dinonaktifkan...

Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)